TELKOM BERIKAN SARANA WIFI UNTUK PERPUSTAKAAN

Red. by Berliani (Internet)   

Telkom Berikan Sarana WiFi untuk Perpustakaan Daerah

PT Telkom Tbk bekerja sama dengan Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI)  mengembangkan sarana perpustakaan daerah.

Kerja sama tersebut dituangkan dalam perjanjian layanan PerpuSeru berbasis ICT yang ditandatangani oleh  Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin dan Ketua Pelaksana CCFI Titie Sadarini, Jumat 12 September 2014.
 



PerpuSeru pertama kali diperkenalkan Oktober 2011 sebagai bentuk kemitraan antara CCFI dan Bill & Melinda Gates foundation. Sebuah program pengembangan perpustakaan yang difokuskan pada peningkatan kapasitas staff perpustakaan dan penyediaan perangkat komputer dan internet bagi perpustakaan kabupaten/kota mitra CCFI.

“Bentuk kerja sama Telkom dan CCFI tidak tebatas pada bentuk penyediaan akses WiFi, juga dalam bentuk partnership berupa co-branding guna semakin menyemarakkan program PerpuSeru ini,” ungkap Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin di Jakarta, Jumat, 12 September 2014.

Awaluddin menambahkan, pengembangan PerpuSeru ini akan disolusikan melalui program IndiSchool yang mencakup 3 hal, yakni Connectivity, Content dan Community.

Dari sisi Connectivity, PerpuSeru akan menggunakan jaringan fiber optik dengan bandwidth akses wi-fi hingga 10 MBps. Dalam hal Content, berbagai aplikasi dapat dimanfaatkan oleh pengguna PerpuSeru seperti Q-Baca maupun aplikasi-aplikasi lainnya. Sedangkan dari sisi Community tentunya adalah masyarakat pengguna langsung PerpuSeru.

Telkom telah menyediakan akses WiFi di tujuh lokasi PerpuSeru (Sukabumi, Pamekasan, Sragen, Lubuk-linggau, Jepara, Tabalong dan Wonosobo) dari 34 lokasi pada fase pertama program yang ditetapkan CCFI.

Telkom akan memenuhi seluruh titik pada fase pertama tersebut, dilanjutkan program PerpuSeru fase kedua yang akan mengembangkan kemitraannya hingga ke 70 perpustakaan desa dan 6 Taman bacaan masyarakat  di 19 kabupaten/Kota di 12 provinsi.

Ketua Pelaksana  CCFI Titie Sadarini mengungkapkan, tahun lalu, fokus utama CCFI adalah pada upaya pemberdayaan perpustakan daerah Kabupaten/Kota  beserta seluruh jajarannya.

Memasuki fase ke-dua ini, kami ingin mengangkat betapa pentingnya peran kemitraan strategis, untuk mendapat dukungan baik dari pemerintah pusat dan daerah maupun pihak swasta dalam hal ini Telkom dalam pengembangan perpustakaan daerah/desa.

"Tujuan PerpuSeru adalah menjadikan perpustakaan menjadi lebih kuat, kreatif, dan mandiri. Tanpa didukung dengan kemitraan yang kuat, maka hal ini pasti akan sulit terwujud. Inilah mengapa kami menyambut baik atas dukungan penuh dari Telkom dalam pengembangan PerpuSeru,” katanya.

Ditargetkan hingga tahun 2019, perpustakaan mitra PerpuSeru dan Taman Bacaan Masyarakat dapat mencapai lebih dari 1000 perpustakaan mewakili seluruh provinsi di Indonesia.



Share :
ITALIC Solution
IT - Consultant

© ITALIC Solution - Development Team
Jakarta - Indonesia