MOBIL CANGGIH RAWAN DIRETAS

Red. by Berliani (Internet)   

Mobil-mobil modern yang mahal makin banyak dikendalikan oleh komputer. Dan di mana ada komputer, di situ ada hacker.

Menurut laporan CNNMoney, mobil yang paling rawan diretas sekarang ini adalah Jeep Cherokee model 2014, Cadillac Escalade model 2015 dan Toyota Prius model 2014. Sedangkan yang paling sulit diretas adalah Dodge Viper model 2014 dan Audi A8 model 2014.


Mobil-mobil modern yang mahal makin banyak dikendalikan oleh komputer. Dan di mana ada komputer, di situ ada hacker.

Menurut laporan CNNMoney, mobil yang paling rawan diretas sekarang ini adalah Jeep Cherokee model 2014, Cadillac Escalade model 2015 dan Toyota Prius model 2014. Sedangkan yang paling sulit diretas adalah Dodge Viper model 2014 dan Audi A8 model 2014.

Peneliti masalah keamanan mobil, Charlie Miller dan Chris Valasek, telah menganalisa konfigurasi teknis berbagai model mobil untuk melihat potensi peretasan ini. Tujuan mereka adalah menunjukkan kendaraan mana yang mungkin bisa mengundang peretas agar industri otomotif melakukan perubahan.

Menurut laporan mereka, Jeep Cherokee dan Escalade memiliki celah teknologi terkait masalah keamanan, karena aplikasi dalam mobil seperti Bluetooth dan telematik yang terkoneksi ke jaringan seluler OnStar memiliki jaringan yang sama dengan kendali mesin, rem dan monitor tekanan udara di ban.

Pada Toyota Prius, radio AM/FM/XM dan Bluetooth berbagi jaringan yang sama dengan setir, rem dan monitor tekanan udara.

Sumber masalahnya adalah sebagai berikut: sistem jaringan pada sebuah mobil bisa menjadi pintu masuk hacker. Jika fungsi-fungsi penting seperti setir berada dalam satu jaringan dengan fitur-fitur mobil yang terkoneksi internet, mobil itu bisa berisiko diretas, kata Miller dan Valasek.

Cacat pada salah satu fitur yang terkoneksi internet akan memudahkan hacker untuk berkomunikasi dengan fitur-fitur lain yang menentukan keselamatan pengendara.

Misalkan saja, seorang pengendara tak sengaja mengunduh virus ke ponsel dia dan lalu terkoneksi ke mobilnya lewat Bluetooth. Jika Bluetooth mobil itu memakai jaringan yang sama dengan sistem rem, hacker bisa membuat mobil berhenti sendiri.

"Begitu mereka mendapatkan kode yang menjalankan komputer Bluetooth (dalam mobil), mereka bisa melakukan hal-hal seperti memerintahkan mobil untuk mengerem," kata Miller.

Beberapa mobil dinilai lebih sulit diretas dibandingkan model lainnya. Komputer pada Audi A8 yang mengendalikan fitur-fitur high-tech (seperti adaptive cruise control dan active lane assist) memakai jaringan yang berbeda dari komunikasi selulernya. Dodge Viper paling sulit diretas karena lebih sedikit menggunakan fungsi-fungsi yang dikendalikan komputer, karena andalan utamanya adalah kecepatan.

Atas laporan ini, pembuat mobil Jeep, Chrysler, mengatakan, "Kendaraan kami dilengkapi dengan sistem keamanan yang membantu meminimalisir risiko atas ancaman di dunia nyata... Chrysler Group akan mempelajari klaim ini dan jika terbukti akan melakukan perbaikan."

Chrysler menambahkan akan mengundang Miller dan Valasek untuk mendiskusikan temuan mereka dulu dengan perusahaan, sehingga bisa bersama-sama menemukan solusi.

Sedangkan juru bicara Cadillac berkomentar "laporan ini tidak menyebutkan banyak fitur dan mekanisme keamanan baru yang terpasang di Escalade, dan deskripsi tentang sistem elektronik kendaraan kami tidak sepenuhnya akurat."

Pernyataan Cadillac juga menekankan bahwa laporan Miller dan Valasek menggunakan data yang tersedia di publik, sementara kendaraan mereka juga dilengkapi dnegan elemen-elemen “yang rahasia dan tidak bisa diakses para peneliti (atau pencuri)."

Toyota belum berkomentar soal ini.

Meski rawan diretas, kedua peneliti itu mengatakan mobil-mobil modern tetap lebih pantas dimiliki daripada model lama.

"Sebuah iPhone jauh lebih mudah diretas daripada ponsel keluaran 1980an. Namun saya lebih suka iPhone daripada ponsel kuno. Hal yang sama juga berlaku untuk mobil," kata Miller



Share :
ITALIC Solution
IT - Consultant

© ITALIC Solution - Development Team
Jakarta - Indonesia