TERUS TINGKATKAN KUALITAS SMK DI KUDUS

Red. by Berliani (Internet)   


     Kudus - Djarum Foundation dan PT. Cisco Systems Indonesia meresmikan penerapan Cisco Networking Academy Program (CNAP) di SMK NU Ma’arif Kudus. Kemitraan bertujuanmeningkatkan kualitas SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah demi membina bibit-bibit terampil siap kerja.

     "Kerjasama yang berkelanjutan antara PT. Cisco Systems Indonesia dan Djarum Foundation merupakan upaya dalam upaya meningkatkan kualitas SMK di Kabupaten Kudus. Saat ini baru 52 institusi setingkat SMA/SMK yang aktif menerapkan kurikulum kami dari total 167 institusi pendidikan di seluruh Indonesia," jelas Enterprise Director PT Cisco Systems Indonesia Catharina Hadiningtyas di Kudus, Jawa Tengah, Senin (09/06/2014).


Catharina menambahkan dengan mengatakan, "Padahal dengan kurikulum yang tepat, pendidikan tentang IT sebetulnya bisa dipelajari sejak sedini mungkin, dengan demikian siswa-siswi SMK di Kudus dapat menerima pembekalan yang berkualitas untuk menghadapi dunia kerja setelah mereka lulus."

Program Director Djarum Foundation Primadi H. Serad lantas mengungkapkan, "Kegiatan ini merupakan salah satu inisiatif Djarum Foundation dalam komitmen kami untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kudus. Kami bermitra dengan Cisco Systems yang sudah diakui secara global agar para lulusan SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK NU Ma’arif Kudus ini, nantinya berkesempatan memiliki sertifikasi internasional dari Cisco Certified Network Associate (CCNA) yang saat ini banyak diminati di dunia global."

Kemitraan tersebut mencakup penyediaan sarana dan prasarana laboratorium Cisco, pelatihan guru-guru, serta penerapan kurikulum susunan Cisco Systems dan berlaku untuk Cisco Networking Academy di seluruh dunia. Lulusan program ini menerima sertifikat dan berkesempatan ujian lanjutan memperoleh sertifikasi CCNA yang berkualitas dunia. Melalui jaringan kerja internasional Cisco Systems, alumnus CNAP banyak bekerja di berbagai perusahaan multinasional.

Penerapan kurikulum Cisco Academy di sekolah menengah kejuruan (SMK) merupakan salah satu program peningkatan kualitas SMK gagasan Djarum Foundation. Program tersebut merupakan revitalisasi fungsi SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, Multimedia, Teknik Pemesinan, Jasa Boga dan Busana Butik melalui kerjasama Djarum Foundation dengan berbagai institusi berstandar internasional sehingga lulusannya lebih mudah terserap di lapangan pekerjaan.

Tak hanya hal tersebut, Grand Final Indonesia NetRiders SMK 2014, yang menguji keahlian siswa dalam menguasai dan memahami materi Cisco Academy mengacu kepada sertifikasi Cisco Certified Entry Networking Technician (CCENT) dan Cisco Certified Network Associates (CCNA) juga terselenggara. 20 tim terbaik dari 81 tim akan berkompetisi di babak grand final.

Pemenang Indonesia NetRiders SMK 2014 mendapatkan piala, hadiah. Tiga tim pemenang berkesempatan mengunjungi kantor pusat regional Cisco Systems di Singapura, sehingga mereka bisa menyaksikan implementasi teknologi terkini dalam menunjang kehidupan sehari hari.



Share :
ITALIC Solution
IT - Consultant

© ITALIC Solution - Development Team
Jakarta - Indonesia