VIRUS ANDROID MENEROR VIA SMS

Red. by Berliani (Internet)   

   Tidak hanya mengancam saat berada di dunia maya, salah satu pembuat virus Android kini juga menyebarkan teror mereka melalui pesan singkat.

   Android hingga kini memang masih sistem operasi yang paling banyak dipakai para pengguna ponsel. Tak heran jika kemudian para penyebar virus menjadikannya target utama menyebar teror.


   Baru-baru ini peneliti program jahat asal Rusia, Dr Web, menemukan sebuah virus baru untuk Android yang bernama Android.Spy.40.origin. Anehnya, virus tersebut hanya menyebar di sejumlah kawasan di Asia, terutama di Korea Utara.

   Modus penyebarannya terbilang unik, karena virus ini menyebar melalui SMS. Isi dari pesan singkat itu adalah mengajak para pengguna untuk menggunduh APK tertentu dari situs yang sudah ditentukan.

   Kalau sudah diklik, maka secara otomatis Trojan tersebut masuk ke dalam sistem ponsel dan akan melakukan beberapa perubahan. Seperti menginstal aplikasi untuk mengirimkan SMS tanpa diketahui pemilik ponsel. Selain itu, virus tersebut juga akan mengirimkan seluruh data kontak pengguna ke server yang ditentukan.

   "Virus ini sangat berbahaya, karena akan menyadap seluruh pesan yang masuk yang mungkin saja berisikan informasi penting, soal bisnis atau personal. Data kontak yang mereka dapat juga bisa digunakan untuk menyebarkan spam," jelas Dr. Web.

   Menurut Dr Web, sejauh ini virus tersebut belum bisa dideteksi oleh program antivirus apapun. Penyebarannya juga disinyalir masih berkutat di wilayah Asia.



Share :
ITALIC Solution
IT - Consultant

© ITALIC Solution - Development Team
Jakarta - Indonesia